Saat Teduh

Stop Judging!

“Karena itu, hai manusia, siapa pun juga engkau, yang menghakimi orang lain, engkau sendiri tidak bebas dari salah.

Sebab, dalam menghakimi orang lain, engkau menghakimi dirimu sendiri, karena engkau yang menghakimi orang lain, melakukan hal-hal yang sama.

Tetapi kita tahu, bahwa hukuman Allah berlangsung secara jujur atas mereka yang berbuat demikian.” (Roma 2:1-3, 6-8, 11)

Sewaktu aku baca ayat ini, aku diingatkan kembali untuk jangan terlalu mudah menghakimi orang lain . Karena aku juga sebagai manusia, ngga sempurna, bahkan melakukan kesalahan yang sama seperti yang orang-orang lakukan.

Ketika ada orang yang berbuat dosa, aku ngga boleh menghakimi dia dan menjauhi dia. Tapi sebagai murid Tuhan aku harus bisa bantu kelemahan-kelemahan dia. Setidaknya aku berusaha untuk memberitahukan apa yang benar. Karena ketika aku melihat sesuatu yang salah dan aku ngga ngomong, maka aku juga ikut berdosa.

“Dan engkau, hai manusia, engkau yang menghakimi mereka yang berbuat demikian, sedangkan engkau sendiri melakukannya juga, adakah engkau sangka, bahwa engkau akan luput dari hukuman Allah?

Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya, yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan, tetapi murka dan geram kepada mereka yang mencari kepentingan sendiri, yang tidak taat kepada kebenaran, melainkan taat kepada kelaliman.” (Roma 2:6-8)

Tuhan akan membalas setiap orang yang menghakimi kesalahan orang lain sedangkan dia juga melakukan kesalahan yang sama. Ukuranku dalam menghakimi orang lain akan dipakai juga untuk mengukur kesalahanku sendiri. Jadi aku harus belajar berhati-hati untuk tidak mudah menghakimi orang lain dengan pikiranku sendiri.

“Sebab Allah tidak memandang bulu.” (Roma 2:12)

Dan Tuhan  tidak memandang siapapun kita. Dari latar belakang apa, suku apa, agama apa. Dia akan memperlakukan kita sama di hadapan-Nya. Ngga ada yang namanya keringanan dalam hal dosa apapun karena Tuhan itu adil. 

Leave a Reply

